Bagaimana Lihai Berbahasa Inggris Dalam Tempo 15 Menit

Bagaimana Lihai Berbahasa Inggris Dalam Tempo 15 Menit


“Lihai berbahasa Inggris dalam tempo 15 menit? Ah, ini pasti hoaks.”

Mungkin ini yang terlintas di benak Anda waktu membaca judul artikel ini.

Tidak. Anda tidak salah menyangka kalau mustahil mencapai kebisaan berbahasa Inggris, terutama kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris HANYA dalam tempo 15 menit.

Kenapa?

Karena memang sulit mencapai ketrampilan dalam tempo singkat. Namun yang saya maksud disini adalah menerapkan kebiasaan 15 menit setiap hari untuk menguasai bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris setiap hari selama 15 menit lebih berarti daripada belajar lima sampai enam jam satu hari, namun besoknya atau enam hari berturut-turut setelahnya malas belajar.

Konsistensi itu penting

Konsistensi, meskipun small steps, langkah kecil, namun kalau dilakukan terus menerus dan teratur, maka akan menjadi kebiasaan.

Saya pun dulu, waktu memulai kebiasaan lari, saya mengikuti pola kebiasaan dari jadwal yang diberikan dari buku Aerobik yang ditulis oleh Kenneth H.Cooper.M.D.M.P.H. Mulai dari jalan kaki dengan durasi tak lama, meningkat ke jalan plus lari, lalu lari nonstop sampai bisa lari setengah jam sampai sekarang.

Begitu juga dengan belajar bahasa Inggris. Mulailah dengan 15 menit sehari. Fokus belajar bahasa Inggris. Jangan terdistraksi dengan media sosial. Masa 15 menit sehari tidak bisa menyediakan waktu ^_^.

Kalau kebiasaan ini sudah tertanam, bisa meningkatkan waktunya menjadi 20 menit sehari, 25 menit sehari, 30 menit sehari, dan seterusnya.

Apa yang bisa dilakukan dalam 15 menit?

Mungkin Anda bertanya dalam hati, “Apa yang bisa dilakukan dalam 15 menit? Waktunya terlalu singkat.”

Oke, saya kali ini akan membagikan satu tips dalam mengembangkan kemampuan speaking atau berbicara dalam bahasa Inggris dengan durasi waktu 15 menit.

Ini untuk yang tingkat dasar. Namun juga bisa diterapkan untuk tingkat menengah, atau lanjut, dengan materi yang berbeda ^_^.

Misalnya, Anda menuliskan di atas kertas, beberapa pertanyaan dasar.

Lalu Anda berusaha menjawabnya secara lisan. Sebelumnya Anda membaca pertanyaannya dulu secara lisan, lalu menjawabnya juga secara lisan.

Masih susah menjawab secara langsung? Bisa juga Anda menulis jawabannya di samping kanan pertanyaannya.

Misalnya:

Setelah itu, Anda bisa membacanya dengan suara yang jelas dan keras.

Pertama kali, Anda membacanya dengan pelan sekali, supaya Anda bisa mendengar suara Anda dengan jelas, dan juga bisa mendengar, siapa tahu ada kekeliruan dalam pengucapan.

Yang kedua kali, Anda bisa membacanya sedikit lebih cepat dari yang pertama. Tetap dengan suara keras, cukup terdengar oleh telinga Anda. Tidak usah berteriak ^_^.

Yang ketiga kali, Anda membacanya lebih cepat dari yang kedua. Untuk yang ketiga ini, tujuannya adalah melatih kefasihan dan kelancaran dalam berbicara cepat.

Kalau Anda sudah bisa melakukannya, lalu coba dengan bermodalkan kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaannya saja, seperti sebelumnya. Tanpa jawaban tertulis, Anda membaca pertanyaan-pertanyaannya, lalu menjawab secara langsung. Spontan.

Kalau Anda sudah lancar waktu menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda bisa membuat lima pertanyaan baru, misalnya:

  • What is your first name?
  • What is your family name?
  • What is your nick name?
  • What is your hobby?
  • Dan lain sebagainya.

Sekali lagi, Konsisten

“Wah, tertipu. Ternyata harus rutin 15 menit setiap hari, bukan 15 menit seketika langsung jago!”

Itulah maunya orang-orang kebanyakan yang inginnya langsung instan. Dengar ada jurus sakti langsung bisa dalam tempo singkat, langsung laju mendatangi ^_^.

Tidak ada yang namanya proses instan dalam menguasai keahlian apa pun. Pernah mendengar hukum 10 ribu jam? Kalau belum, Anda bisa googling untuk mencari tahu apa itu hukum 10 ribu jam. Yang jelas, semakin Anda menyediakan banyak waktu untuk belajar bahasa Inggris, maka Anda akan semakin ahli dalam bahasa Inggris. Begitu juga, berlaku hal yang sama kalau Anda menekuni keahlian lain.

Semakin Anda menghabiskan berjam-jam untuk menguasai keahlian itu dalam sehari, dan melakukannya secara konsisten, disiplin, dalam hari-hari berikut, maka Anda akan cepat menguasainya.

Namun, tentu saja, jika Anda mempunyai banyak kegiatan atau pekerjaan utama, lebih baik mulailah dari tiny steps, langkah-langkah kecil terlebih dulu, supaya menjadi kebiasaan, yang pada akhirnya Anda bisa meningkatkan waktu belajar Anda.

Lihai berbahasa Inggris dalam tempo 15 menit? Tidak mustahil, namun harus dilakukan rutin, terus menerus, fokus, dan pantang menyerah. Niscaya, kesuksesan akan digapai.

Good luck ^_^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *